Google Translate

Rabu, 17 Oktober 2012

Tekhnologi Informasi Dan Bisnis

Posted by 3xp's on 14.24




   A.      Tekhnologi Informasi

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan, bahkan, dalam menghadapi persaingan.
Telepon Sebagai media Komunikasi Bisnis
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.
B.      Internet Sebagai Salah Satu Media Komunikasi Bisnis
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.
E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
C.      E-Commerce Dalam Komunikasi Bisnis
D.      Secara umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet
a.       Alikasi sistem E-Commerce:
1.       Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
2.       Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
3.       Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
b.      Jenis -  Jenis E- Commerce :
1.       Trading partners yang sudah saling mengenal atau mengetahui antara mereka yang sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
2.        Pertukaran data dilakukan secara berulang ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
3.       Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
4.       Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
c.        Business to Consumers
1.       Terbuka untuk umum, dimana informasi  disebarkan secara umum pula.
2.       Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
3.       Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
4.       Servis yang digunakan berdasarkan sistem pendekatan client- server.
E.       Kebaikan dan Kelemahan  E-Commerce
a.       Kebaikan :
1.       Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
2.       Menurunkan biaya operasional (operating cost).
3.       Melebarkan jangkauan (global reach).
4.       Meningkatkan customer loyalty.
5.       Meningkatkan supply management.
6.       Memperpendek waktu produksi. 

b.      Kelemahan
1.       System Penetration
2.       Authorization Violation
3.       Planting
4.       Communications Monitoring
5.       Communications Tampering
6.       Denial of service
7.       Repudiation

By :3xpdata.blogspot.com

3 komentar:

tolong di like stimed yahh kawan
http://www.facebook.com/stimednp?ref=ts&fref=ts

yang sudah like tahanks

dibantu like tapi dapat apa nih kawan ???

Posting Komentar

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook

Search Site

Flag

free counters