Istilah
teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya
istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan
data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan
sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras
(hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik
digital.
Pergerakan bisnis yang semakin
cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat
guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan, bahkan, dalam menghadapi
persaingan.
Telepon Sebagai media
Komunikasi Bisnis
Pada awalnya, komunikasi dalam
dunia bisnis dilakukan dengan menggunakan suatu perangkat komunikasi yang
disebut telepon, dimana dengan alat ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan
informasi dan berkomunikasi dengan pihak lain dalam rangka menjalankan
bisnisnya.
B. Internet
Sebagai Salah Satu Media Komunikasi Bisnis
Internet dapat diartikan sebagai jaringan
komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer
dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
Dalam dunia
bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara
elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.
E-Commerce
adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
Satu hal yang
paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras,
kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu.
C. E-Commerce
Dalam Komunikasi Bisnis
D. Secara
umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi
perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media
elektronik. Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan
/ perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network)
yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet
a. Alikasi sistem E-Commerce:
1.
Electronic Markets (EMs), yaitu
sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk
melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli
dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian
lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan
fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi
tentang harga dan produk yang ditawarkan.
2.
Elektronic Data Interchange (EDI), adalah
sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang
berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara
formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA)
sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah
disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain
dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya
digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan
para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi
perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara
langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa
memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan
yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
3.
Internet Commerce, adalah penggunaan
internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas
perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan
jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain
pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau
sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
b. Jenis -
Jenis E- Commerce :
1.
Trading partners yang sudah saling mengenal atau
mengetahui antara mereka yang sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup
lama.
2.
Pertukaran data dilakukan secara berulang
ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
3.
Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan
mereka lainnya untuk mengirimkan data.
4.
Model yang umum digunakan adalah peer to peer,
dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
c.
Business
to Consumers
1.
Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan secara umum pula.
2.
Servis yang digunakan juga bersifat umum,
sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
3.
Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
4.
Servis yang digunakan berdasarkan sistem
pendekatan client- server.
E.
Kebaikan
dan Kelemahan E-Commerce
a.
Kebaikan
:
1.
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
2.
Menurunkan biaya operasional (operating cost).
3.
Melebarkan jangkauan (global reach).
4.
Meningkatkan customer loyalty.
5.
Meningkatkan supply management.
6.
Memperpendek waktu produksi.
b. Kelemahan
1.
System Penetration
2.
Authorization Violation
3.
Planting
4.
Communications Monitoring
5.
Communications Tampering
6.
Denial of service
7.
Repudiation
3 komentar:
tolong di like stimed yahh kawan
http://www.facebook.com/stimednp?ref=ts&fref=ts
yang sudah like tahanks
dibantu like tapi dapat apa nih kawan ???
thanks kawan....
Posting Komentar